Ad Code

[Journey] Pengalaman Tak Terlupakan di AFA ID 2024

Niji no Conquistador's Member: Karin, Mei, Miyu @ AFA ID 2024

Ahahay, bertemu lagi di blog yang lama menganggur ini.

Hari ini aku ingin membagikan pengalamanku berkunjung ke Anime Festival Asia, alias AFA ID 2024. Anime Festival Asia Indonesia adalah sebuah acara tahunan yang didedikasikan untuk para penggemar anime, manga, game, dan budaya Jepang lainnya. Acara ini diselenggarakan oleh Sozo dan Dentsu di Indonesia. Kebetulan, AFAID ini baru deselenggarakan kembali setelah hiatus sejak 2019.

Kami datang ke AFA ID hari ke-tiga yang bertepatan dengan hari Minggu, 5 Mei 2024.

Pada awalnya aku ragu apakah bisa datang ke event ini atau tidak, soalnya pada malam harinya aku harus nongkrong dengan teman sekolah yang jauh-jauh datang dari Surabaya. Namun ternyata diriku bisa bangun pagi meski kurang tidur. 


Drama pertama adalah ketika Agung yang mengajakku ke AFA ID belum memesankan tiket bus shuttle kita. Untung saja masih kebagian kursi umum yang belum di-reservasi. 😪 Meski begitu Agung sudah berbaik hati dengan mensubsidi tiket fast-lane yang harganya tidak murah, huehehe. Arigathanks Agung~kun.



Sebelum menuju JCC, kami membuat pondasi dulu dengan mendoan sepiring untuk berdua. Dengan harga 20rb satu porsi ternyata cukup bikin perut kenyang. Kamu bisa nemu menu ini di foodcourt sekitar parkiran GBK dan Istora yaa. 




Open Gate dimulai pukul 10.00 WIB, dan kami sampai di lokasi antrean pukul 09.58, datang mepet gapapa. Wong kita punya tiket jalur cepat (anjay sombong) wkwk. 





Sesampainya di dalam venue, maka kita disambut oleh berbagai booth menarik dari banyak brand. Bahkan di sini aku disambut oleh Anya Forger segede gajah duduk. Aku dan temanku segera menghampiri booth stamp hunter, di mana jika kita bisa mengkoleksi semua stempel yang tersebar di dalam venue event kita akan mendapatkan hadiah, baik hadiah langsung maupun hadiah yang diundi pada akhir acara.


Suasana Akiba Stage AFAID 2024 - Foto: A-Chan Photography

Setalah itu aku berpisah dengan Agung dan segera menuju Akiba Stage. Di sini adalah tempat berbagai performer perform (ngomong apa dah). Ya intinya di sini berbagai idol group, cosplayer, group vocal, sampai organ tunggal wibu menunjukkan pertunjukan mereka (ngomong apalagiii). 

Di depan stage aku bercengkrama dengan sobat lama seperti Deny Kun, Fahryyy, Rakamazi, Anto, dan Ade Chandra yang baru saja kehilangan smartphonenya, huhu turut berduka.




Aku pun berkeliling dan malah disamperin idol Jepang ini, kaget dan panik. Dia bagiin stiker Nijicon sembari berceloteh banyak. Namanya Karin, lucu betul bukan?? 😭


Setelah menerima stiker ini aku kembali ke Akiba Stage, untuk merekam beberapa idol seperti Tomoshibi dan juga Hira-Dazzle. Turut senang karena sistem audio dan lighting panggung sangat mendukung. Aku jadi bisa membuat fancam dengan maksimal, uhuy. 


Chiiru with Hansip's Uchiwa


Menuju jam 2 siang, kami kembali ke depang panggung untuk menunggu bintang idol utama kita yaitu 
Niji no Conquistador. Yang agak kaget adalah beberapa menit sebelum Nijicon dimulai aku ditepuk dari belakang oleh idol cantik ini, sebut saja Chiiru. Member Tomoshibi yang sudah kelar tampil pada jam berikutnya ternyata ingin ikut menonton Nijicon.

Kurang lebih percakapan awikwok nya seperti ini:

C: "Ka Hanif aku mau ikut nonton dong..."
H: "Oh iya boleh-boleh sini siniii."
H: "Tapi maaf ya kak kalo kadang aku cuekin sambil fancam." 😭
C: "Iya gapapahh.."

Dalam hatiku juga masih bingung kenapa rencana fancam idol Jepang malah jadi kek concert date dadakan dengan kak idol giniii.  


3 lagu pertama aku masih beberapa kalo ngobrol dengan Chiiru dan membahas mana member favorit kita masing-masing di Nijicon, wkwk. Setelahnya kita fokus ke panggung karena lagu-lagunya sangat familiar dan harus dinikmati dengan khusyuk.





Total Nijicon membawakan 7 lagu pada hari terakhir AFA ID 2024 ini. Sebuah stamina luar biasa dari 3 gadis Jepang yang imut ini. Suara mereka juga stabil membawakan lagu yang butuh banyak gerakan. Keseruan penampilan meraka bisa kamu tonton pada video di atas, atau langsung saja cek channel YouTube baruku di Hansip Cam.

Wota dari Nijicon ini meriah banget, dengan chant Gachi Koi Kojo yang melegenda juga ikut menggetarkan dinding JCC. Keren banget pokoknya, sugoi. 


虹のコンキスタドール  ( Niji no Conquistador) @ AFA ID 2024


Setelah pertunjukan dari 2zicon usai, aku antre untuk foto Cheki dengan member 2zicon. Di antrean ini aku ditemani oleh Akhmad dan Sulam yang mana aku juga minta bantuan untuk tukar saldo BCA menjadi tunai. Karena pihak idolnya cuma menerima uang cash, huhu. Gapapa deh, biar PERURI makin jaya. 



Ada pemandangan unik di mana saat aku ngantre foto dengan idol, ternyata ada idol lain yang juga mengantre untuk foto bersama idol. wkwkwk

Ngantri foto cheki idol ❌❌❌
Idol ngantri foto cheki ✅✅✅


Mereka adalah Vini, Meia, dan Richan dari Hira☆Dazzle. Sebetulnya ada member lainnya juga yang antre, tetapi yang kloternya bareng aku ya mereka bertiga ini.

Foto bareng saat ngantre Cheki Nijicon

Tidak hanya mengobrol dengan mereka saat antre cheki, saat melihat idol cheki dengan sesama idol pun ternyata cukup menghibur jiwa raga juga, bagaimana tidak. wkwkwk


Oh ya, untuk ukuran idol asal Jepang yang sudah memiliki nama, Cheki dengan member Nijicon terbilang sangat murah yaitu cukup dengan 50 ribu rupiah saja untuk orang Indonesia dan 100 ribu rupiah untuk warga Jepang. Bener-bener unik memang penerapan tarif ini, haha.


Cheki bersama member Niji no Conquistador

Tara, kurang lebih begini hasil chekinya. Memang tanpa tulisan tangan custom di bingkainya, tapi ini sudah lebih dari cukup untuk berinteraksi dengan mereka dan juga mengabadikan momen yang ada. Mei, Miyu, dan Karin sangat interaktif saat diajak ngobrol dikit-dikit sebelum dan sesudah staff mengambil gambar dengan kamera polaroid.





Sekai sobat wota saya yang sedang bertugas menjaga booth LAM Art Exhibition & Merch wkwk


Aku juga bertemu dengan beberapa teman yang tanpa direncanakan malah ketemu begitu saja. Salah satunya ya si Sekai39 yang jaga booth Merch LAM sejak pagi hingga maLAM. Bayangkan, orang gila mana yang belasan jam cuma di depan etalase dan badannya cuma geser ke kanan dan ke kiri, wkwk.

Part sedihnya adalah aku malah tidak bertemu dengan teman yang sudah janjian lama ingin ketemuan. Yah inilah yang dinamakan takdir dan belum berjodoh, mau dikata apalagi. 



Kondisi mushola JCC yang selalu penuh tetapi tetap kondusif dan pergerakannya cepat (Kulhu wae lek at it's finest).



Banyak booth merch dan benda-benda lucu yang tidak pernah sepi dihampiri oleh pengunjung ekshibisi.



Sebelum pulang, kita muterin hall lagi satu kali menyisir area venue sapa tahu bisa berjodoh bisa bertemu teman yang dari pagi dicari-cari tidak kelihatan. Namun hasilnya hampir nihil kareana aku hanya bertemu Albert Angka Angka alias hanya untuk absen muka dan tubir manajemen idol nasional huahaha.

Hingga pada akhirnya kita sampai di penghujung acara, sebetulnya aku tidak mengikuti AFA ID sampai closing. Karena kita sudah memesan bis yang tidak terlalu malam. Capek euy besok kerja. Maafkan kami Megan karena seharusnya kita naik mobil bareng tapi ternyata sedikit miskom di akhir, hiks.



Selama hari Minggu ini saja kami sudah melangkah sebanyak 26 ribu langkah atau kurang lebih 17km berjalan kaki, wadidaw sekali bukan. T__T

Ini adalah AFA ID pertamaku dan juga sangat berkesan, semoga tahun depan bisa datang lagi dengan bertemu lebih banyak teman dan pastinya dengan bintang tamu yang keren-keren juga. Terima kasih yang kemarin sudah menyempatkan berinteraksi dan menikmati event bersama.

See you di postingan selanjutnya~ 

Posting Komentar

0 Komentar

Close Menu